Sekretariat

Berdasarkan Surat Keputusan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 61 Tahun 2016 Tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Lombok Barat. Sekretariat, Bidang dan UPT dipimpin oleh seorang Kepala yang berada  di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas. Adapun rincian Tugas dan Fungsi Sekretaris Perumahan dan Permukiman Kabupaten Lombok Barat, adalah sebagai berikut :
    A.  Tugas
Melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam memimpin, membina, mengarahkan mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas lingkup pengelolaan dan pelayanan kesekretariatan yang meliputi  pengelolaan umum kepegawaian, pengkoordinasian penyusunan program, pengelolaan keuangan serta pengkoordinasian tugas-tugas Bidang.
    B.  Fungsi
1.   Penyelenggaraan administrasi umum, rumah tangga dan perlengkapan;
2.   Penyelenggaraan administrasi keuangan dan kepegawaian;
3.   Pelaksanaan pembinaan pelaksanaan administrasi umum, keuangan dan kepegawaian;
4.   Penyelenggaraan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan;
5.   Penyiapan bahan rancangan dan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan
      perpustakaan dan hubungan masyarakat;
6.   Penyusunan perencanaan program dan anggaran;
7.   Penataan aset dan barang milik daerah;
8.   Pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait;
9.   Penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat, laporan pertanggung jawaban dinas;
10. Pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas Bidang; dan
11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
 
Sekretariat terdiri dari :
1.  Sub Bagian Program
     a.  Tugas
Melaksanakan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan dan program kerja tahunan dinas, menyiapkan bahan kebijakan teknis perencanaan, evaluasi pelaksanaan program / kegiatan di lingkungan Dinas
     b.  Fungsi
1.   Pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran subbagian perencanaan;
2.   Pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi danpenyusunan rencana, program di bidang
      Perumahan dan Kawasan Pemukiman;
3.   Pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi danpenyusunan anggaran di bidang Perumahan
      dan Kawasan Pemukiman;
4.   Pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan pedoman teknis pelaksanaan  kegiatan
      tahunan di bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman;
5.   Penyiapan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isianpelaksanaan anggaran, petunjuk
      operasional kegiatan, dan revisi anggaran;
6.   Pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan statistik di bidang
      Perumahan dan Kawasan Pemukiman;
7.   Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di bidang
      Perumahan dan Kawasan Pemukiman;
8.   Pelaksanaan penyusunan laporan kinerja di bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman;
9.   Pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan subbagian
      perencanaan; dan
10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
 
2.  Sub Bagian Keuangan
      a. Tugas
Melaksanakan penyusunan anggaran program kerja, pengelolaan administrasi keuangan  rutin,  urusan pembukuan dan menyusun pertanggungjawaban, urusan perbendaharaan anggaran belanja dinas serta  pembinaan administrasi keuangan pembangunan di lingkungan Dinas.
      b. Fungsi
1.  Pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Sub bagian Keuangan;
2.   Pelaksanaan urusan akuntansi, dan verifikasi keuangan;
3.   Pelaksanaan urusan perbendahaan, pengelolaan penerimaan negara bukan pajak,
      pengujian dan penerbitan surat perintah membayar;
4.   Pelaksanaan urusan gaji pegawai;
5.   Pelaksanaan administrasi keuangan;
6.   Pelaksanaan penyiapan pertanggungjawaban dan pengelolaan dokumen keuangan;
7.   Pelaksanaan penyusunan laporan keuangan;
8.   Pelaksanaan penyiapan bahan pemantauan tidak lanjutlaporan hasil pengawasan dan
      penyelesaian tuntutanperbendaharaan dan gantirugi;
9.   Pelaksanaan penyusunan Rencana Kebutuhan BarangUnit (RKBU) dan Rencana
      Pemeliharaan Barang Unit(RPBU);
10. Pelaksanaan penyiapan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang;
11. Pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Subbagian Keuangan;
12. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
 
3.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
      a. Tugas
Melakukan pengelolaan ketatausahaan, rumah tangga dan pembinaan serta pengurusan administrasi umum kepegawaian di lingkungan Dinas.
      b. Fungsi
1.   Pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian;
2.   Pelaksanaan urusan rencana kebutuhan dan usulan pengembangan pegawai;
3.   Pelaksanaan urusan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan,
      pemberhentian dan pensiun pegawai;
4.   Pelaksanaan urusan tata usaha kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja
      pegawai;
5.   Pelaksanaan urusan tata usaha dan kearsipan;
6.   Pelaksanaan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan;
7.   Pelaksanaan urusan kerja sama, hubungan masyarakat dan protokol;
8.   Pelaksanaan evaluasi kelembagaan dan ketatalaksanaan;
9.   Pelaksanaan telaahan dan penyiapan bahan penyusunan peraturan perundang-
      undangan;
10. Pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Subbagian Umum dan
      Kepegawaian;
11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.

 

 
 
Sambutan
Instagram Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Lombok Barat